Pengenalan menu dalam arena

BASIC ARENA
Pada menu Start windows dipilih program Rockwell Software dan kemudian dipilih Arena 5.0. setelah
dijalankan maka akan muncul tampilahn software Arena 5.0 seperti berikut ini.


a. Menu Bar
Menu bar yang ada di dalam Arena secara umum terdiri dari menu-menu yang identik pada
kebanyakan aplikasi untuk windows, seperti menu file (untuk manajemen file pengguna), menu edit,
view. Dan tentunya terdapat beberapa menu bar yang disediakan Arena 5.0 untuk membantu
pengerjaan modeling system (seperti tools, arrange, object, dan run).

b. Project bar
Project bar pada Arena 5.0 terdiri dari dua hal, yaitu:
• Flowchart module
Merupakan modul untuk membangun model simulasi dalam arena, terdiri dari modul basic
process, modul advance transfer, dan modul advance process.
• Spreadsheet module
Merupakan modul untuk melihat status dari modul flowchart yang digunakan. Status yang ada
didapatkan secara otomatis atau diinput secara manual.

c. Status Bar
Merupakan suatu modul dalam arena yang bertujuan untuk melihat status dari pekerjaan (modul)
kita saat ini. Contoh kondisi, Running = model simulasi kita sedang dijalankan.

d. Toolbar
Merupakan siatu window yang berisi daftar perintah yang sering digunakan dan dipresentasikan
dalam bentuk tombol.

e. Model window (flowchart view)
Window ini merupakan window induk yang melingkupi seluruh lingkungan kerja Arena. Fungsi
utama window ini adalah sebagai tempat docking bagi modul-modul yang digunakan.

f. Model window (spreadsheet view)
Window ini merupakan window yang digunakan untuk melihat data yang terdapat pada
modulmodul yang digunakan pada flowchart modul.

Modul Basic process
Basic process merupakan modul-modul dasar yang digunakan untuk simulasi. Template basic
process ini terdiri dari beberapa modul yaitu:

 a. Create
Modul ini digunakan untuk menggenerate kedatangan entity kedalam simulasi.


Nama : nama modul create yang digunakan
Entity type : jenis entity yang digenerate pada simulasi Type
: jenis waktu antar kedatangan entity
  1. Random (expo)
  2. Schedule
  3. Constant
  4. Ekspresion

Value : nilai daripada interval kedatangan berdasarkan type yang sudah ditentukan
Units : satuan waktu yang digunakan
Entities per arrival : jumlah kedatangan entity pada setiap kali generate dilakukan
Max arrivals : jumlah maksimum generasi entity kedalam simulasi
First creation : waktu pertama kali generate entity kedalam simulasi

b. Dispose
Modul ini digunakan untuk mengeluarkan entity dari sistem


Record entity statistics : digunakan untuk mencatat output standard daripada ARENA

c. Process
Modul ini digunakan untuk memproses entity dalam simulasi


Nama : nama daripada modul proses yang digunakan Type
: tipe dari proses itu sendiri
  1. Standard terdiri dari satu proses saja
  2. Sub model terdiri dari satu proses atau lebih

Action : jenis aktivitas yang dilakukan pada saat modul proses bertipe standard
Priority : nilai prioritas dari beberapa jenis proses alternatif
Resources : sumber daya yang digunakan dalam melakukan aktivitas proses
Delay type : waktu proses atau bisa juga diasumsikan sebagai waktu delay ketika tidak menggunakan
resource sama sekali
Allocation : jenis aktivitas yang terjadi pada modul ini, terdiri dari beberapa jenis antara lain :
  1. Value added pada proses yang dilakukan terjadi penambahan nilai dari material input menjadi output
  2. Non value added tidak terjadi proses penambahan nilai dari material input menjad output (misalkan kegiatan inspeksi)
  3. Transfer waktu transfer dari satu tempat ke tempat lain
  4. Wait waktu tunggu sebelum entity melakukan aktivitas berikutnya 
  5. Other
d. Decide
Modul ini digunakan untuk menentukan keputusan dalam proses, didalamnya termasuk beberapa
pilihan untuk membuat keputusan berdasarkan 1 atau beberapa pilihan


Type : mengidentifikasikan apakah keputusan berdasarkan pada kondisi dan dapat dispesifikasikan
menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. 2 – way : digunakan jika hanya untuk 1 kondisi benar atau salah
  2. 2 – way by chance jika hanya untuk 2 kemungkinan berupa persentase
  3. 2 – way by condition jika hanya untuk 2 kondisi
  4. N – way : digunakan untuk berapapun jumlah kondisi
  5. N – way by chance : mendefinisikan satu atau lebih persentase
  6. N – way by condition : mendefinisikan satu atau lebih kondisi

Percent true (0-100) : nilai yang digunakan untuk menetapkan entity yang keluar, nilai yang keluar
nantinya adalah nilai yang bernilai benar

e. Batch
Modul ini digunakan untuk menggabungkan beberapa entity/ assembly


Type : tipe daripada assembly, terdiri dari dua jenis yaitu :
  1. Temporary : assembly bersifat sementara sehingga dapat dilakukan disassembly ketika diperlukan
  2. Permanent : assembly bersifat permanen sehingga tidak dapat dibreakdown lagi

Batch size : syarat jumlah entity yang sesuai dengan persyaratan yang masuk dalam modul ini untuk
dapat dilakukan proses assembly
Save Criterion : atribut terakhir yang melekat pada output daripada assembly. Terdiri dari beberapa
kriteria :
  1. First  atribut yang melekat pada output assembly sama dengan atribut entity yang pertama kali masuk dalam proses assembly
  2. Last  atribut yang melekat pada output assembly sama dengan atribut entity yang terakhir kali masuk dalam proses assembly
  3. Product  atribut yang melekat pada output assembly berbeda dengan atribut entity yang masuk dalam proses assembly
  4. Rule : aturan entity yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam assembly. Ada dua jenis aturan yang dapat digunakan, yaitu :
  • Any entity  setiap entity yang masuk dalam modul ini diasumsikan dapat digunakan untuk assembly
  • By atribute  entity yang dapat digunakan untuk assembly adalah entity yang memiliki atribut sesuai dengan yang telah ditentukan
f. Separate
Modul ini digunakan untuk men-disassembly hasil dari modul batch, atau juga bisa diasumsikan
sebagai aliran entity yang terpisah. Misal pada sistem rumah sakit pasien membawa resep dokter,
maka aliran antara entity pasien dengan resep akan berbeda pada titik-titik tertentu


Type : tipe daripada modul separate yang digunakan. Terdiri dari dua jenis, yaitu :
  1. Split existing batch : memisahkan rakitan yang sudah ada (entity yang berasal dari modul batch)
  2. Duplicate original : menduplikat entity yang ada seperti pada kasus pasien dengan resep dokter

Pada saat type modul ini adalah split existing batch, maka akan muncul member atribute yang
berguna untuk mengirim atribut pada masing-masing entity yang telah dibreakdown. Terdiri dari
beberapa jenis, antara lain :
 Retain original entity values : nilai pada masing-masing entity sama

g. Assign
Modul ini digunakan untuk memasukkan nilai baru pada variabel, entity atribut, entity type, atau
variabel lain pada sistem

Assignments : untuk menspesifikasikan satu atau lebih tugas yang akan dibuat Type
.tipe dari tugas yang akan dilakukan terdiri dari :
  1. Variable : nama yang diberikan pada sebuah entity variabel dengan nilai baru
  2. Atribute : nama yang diberikan pada sebuah entity atribut dengan nilai baru
  3. Entity type : sebuah type baru dari entity
  4. Entity picture : sebuah tipe baru berupa gambar
  5. Other : untuk mengidentifikasi untuk atribut yang lainnya

New value : nilai baru pada atribut, variabel, atau variabel sistem lainnya. Tidak dapat digunakan
untuk entity tipe dan entity picture

h. Record
Modul ini digunakan untuk memunculkan data statistik pada model simulasi, tipe data statistik yang
dapat dimunculkan seperti waktu antar kedatangan


Type : terdiri dari count, entity statistic, time interval, time between, expression
  1. Count : menurunkan atau menaikkan nilai statistic
  2. Entity statistic : menunjukkan nilai statistik secara umum seperti waktu, biaya
  3. Time interval : melacak dan mencatat waktu antar kedatangan
  4. Expression : mencatat nilai dari suatu nilai

Value : mencatat data yang menggunakan statistik, tipe yang digunakan adalah ekspresi atau bisa
dengan count
Counter name : mendefinisikan penambahan/ penurunan data statistik, digunakan jika typenya
counter
Record into set : cek box yang digunakan apakah akan digunakan penanda tally alat penghitung
lainnya

Menjalankan dan mengatur simulasi

Running it
Untuk menjalankan model, klik Go button (atau Run/Go pada menu atau dengan menekan F5). Sebelum kita menjalankan model, kita mungkin ingin memeriksa apakah ada error model, kita dapat
melakukan dengan cara run/check model pada menu atau menekan tombol F4. Setelah dicheck maka
kita dapat melihat apakah model Arena kita terdapat error atau tidak. Bila running ingin dihentikan, hal pertama yang dilakukan adalah menekan pause button kemudian klik end button .Bila model telah siap sebelum kita dapat me-run model tersebut. Selain itu kita dapat melakukan setup run condition. Caranya: pilih menu bar, run  setup, akan muncul kotak dialog dengan 5 tabs.


a. Speed
Tempat mengatur kecepatan dari simulasi yang akan kita running

b. Run control
Tempat memberikan control apa saja yang berhubungan dnegan running Arena yang akan kita
running

c. Reports
Berhubungan dengan report yang akan kita dapatkan setelah akhir dari run model simulasi. Ada
beberapa default report yang ada di Arena, tetapi pada response ini kita menggunakan SIMAN
reports.

d. Project parameters
Tempat mengatur project tittle, analyst name dan memilih output yang ingin kita lihat. Dan yang
harus diingat jangan meletakkan tanda baca selain nomor dan alphabets dalam judul atau nama.

e. Replication parameters
Tempat mengatur properties yang ada pada model simulasi yang akan di-running. Ada beberapa
tab dalam replication parameters ini, antara lain:
  1. • Warm-up period Sejumlah waktu yang digunakan untuk menjadikan model kita steady-state. Fungsi dari warm-up period adalah untuk mengurangi efek random pada simulasi.
  2. • Time unit Merupakan satuan waktu yang digunakan sebagai dasar waktu saat menjalankan Arena
  3. • Replication length Merupakan sejumlah waktu yang ada untuk tiap replikasi yang dgunakan di Arena.
  4. • Hours per day Merupakan banyaknya waktu per hari saat dilakukan running Arena
  5. • Initialize between replications
Initialize system
  • Bila ada (dicentang), setiap replikasi akan dimulai dengan system kosong disaat waktu 0
  • Bila tidak ada (tidak dicentang), hanya replikasi pertama yang dimulai dengan system kosong disaat waktu 0, dan akan terus berlanjut untuk seterusnya.
  • Pekerjaan yang tidak terselesaikan di hari pertama akan dilanjutkan di hari berikutnya.
Initialize statistics
  • Bila ada, report dengan format yang sama akan di-generate untuk setiap replikasi dan data untuk replikasi tunggal bila initialize system dipilih. Bila initialize system tidak dipilih, data seharusnya untuk replikasi pertama dalam report 1, untuk 3 replikasi yang pertama di report 2, etc.
  • Bila tidak ada, report yang di-generate adalah kumulatif, jadi, report 2 seharusnya terdiri
    dari statistic dua replikasi yang pertama; report 3 seharusnya terdiri dari statistik tiga
    replikasi yang pertama, etc.








0 Response to "Pengenalan menu dalam arena"

Posting Komentar